Pilkada oh Pilkada ( menurut pandang saya dari salah satu sisi bisnis )

Pilkada oh pilkada,..moment ini sangat berarti, gambar diatas bukan ada kepentingan lain, saya bukan anggota kpu, jug abukan team sukses, cuma tadi gambar ambil dari website kpu surabaya.

Pilkada memang dijadikan ajang untuk mencari dukungan sebanyak orang untuk memenangkan pemilihan kepada daerah, di surabaya tidak berapa lama lagi akan diadakan, kemarin sempat jalan – jalan muter – muter surabaya disana sini banyak spanduk,tempelan poster, calon kepala daerah,ya cukup kreatif lah, ada yang memasang di mobil – mobil, bilboard dan media lain.

Saya cuma ingin menngungkapkan unek – unek saya tentang momen pilkada ini,setiap bisnis pasti punya pasar tertentu, nah hal ini yang menjadi momen bagi print cetak apapun lah jenisnya untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya, berapa ribu  yang akan dicetak poster, desain kaos, desain banner besar, dan media – media kampanye yang lain, belum lagi media TV lokal, menjadikan momen ini paling berarti.

Bisa saja saya contohkan Billboard, saya pernah menanyakan harga cetak billboard ukuran besar standar saja, mungkin 4 m x 6 m, biaya cetak ful colour sampai 1 juta rupiah, belum lagi biaya pasang nya, itu hanya untuk satu cetak, berapa puluh billboard yang dipasang di kota surabaya, bisa dibayangin…panen..panen…he.h.e

Brosur A4 atau A5,poster, ini aku ambil dari internet range harganya..

Jumlah Order : 10,000 exlempar
Jenis Kertas : Art/Matt Paper 120 gsm
Ukuran : Poster A2 (59.4 x 42 cm)
Teknis Cetak : Full color 1 sisi (4/0)
Lipatan/Rel :
Laminating :

: Rp 965
: Rp 9,652,500

ya itu salah satunya saja…mungkin kisaran cetak yang lain gak jauh – jauh beda.Bisa dihitung berapa total biaya untuk kampanye..he.

nah, kalau aku tertarik nya bukan jadi calon walinya, tapi di percatakan dan jasa advertising billboard, banner dan sebagainya…he.he.he

tertarik buka usaha ini ? ada masa panennya loh..he.h.e

Tinggalkan Balasan

