Membuat Warnet di Desa

Warnet menjadi salah satu trend bisnis sekarang ini, meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa warnet tidak menguntungkan. namun banyak juga dan masih banyak juga orang yang tertarik dengan bisnis ini.

Bagaimana dengan bisnis warnet di desa,, apakah menguntungkan dengan dasar bahwa masyarakat tidak mempunyai background dan pengetahuan tentang IT ?

Beberapa bulan belakangan saya berpikiran bagaimana membangun warnet dalam artian berbisnis warnet didesa dengan kondisi :

  • Listrik cukup 24 Jam
  • Tidak ada telepon
  • Tidak ada speedy
  • Masyarakat Masih awam dengan Komputer dan Internet
Mari kita tinjau satu satu 
Untuk membangun bisnis warnet pada dasar nya kan hanya tiga yang perlu dan harus disiapkan :
  • Tempat/Lokasi
  • Sumber Koneksi
  • Komputer,Listrik,Sekat,dll
  1. Tempat /Lokasi, Menurut pribadi saya yang namanya di desa, dimanapun lokasinya tidak masalah asal masih ada didesa tersebut,sifat kekeluargaan didesa masih tinggi,, siapapun yang membuat hal baru, satu desa akan segera tahu, jadi tidak perlu khawatir, namun faktor ini setidaknya harus kita perhatikan juga, dipinggir jalan, dekat keramaian lebih bagus dari pada didalam gang – gang, segera kita siapkan tempat nya, saya pikir untuk membangun dengan 5 buah PC client dan 1 Operator dan 1 Server dan alat lainnya , bangunan 3 meter lebar dan 5 meter panjang sudah lebih dari cukup, jika modal tidak memenuhi kita cukup membuat bangunan setengah permanen, separuh semen dan lainnya kayu,, agar tidak panas design kan agak tinggi plafon nya.
  2. Sumber Koneksi, Bagian ini saya pikir merupakan bagian yang penting juga, karena tanpa ini warnet tidak ada, karena kita tidak mempunyai sumber koneksinya,, kalau di kota kita mempunyai berbagai pilihan mulai dari speedy, lintas arta,bizznet, cbn,first media, dan ISP wireless lainnya, bayangkan jika semua ini tidak kita dapatkan, didesa kita hanya ada operator seluler seperti indosat, telkomsel, xl,axis dll dengan kualitas jaringan masih EDGE. saya berpikiran tidak ada yang tidak mungkin asal kita mau berpikir dan mau berusaha,, dengan teori bahwa jaringan EDGE mampu maksimal sampai 236 Kbps,, kita cukup menyajikan beberapa buah modem GSM, misalkan 7 buah modem USB GSM dengan berbagai kartu chip seperti simpati,xl atau axis dibantu dengan 3g Router dan load balancing nya Mikrotik,, menurut perhitungan 7 x 236 Kbps =1652 Kbps,,, angka ini lebih dari cukup untuk melayani 7 buah client, apalagi ditambah dengan Proxy, akan menghemat bandwith yang tersedia.
  3. Komputer, listrik, sekat dll , bagian ini setiap orang mungkin sudah paham, komputer untuk game bisa kita dapat dengan harga mulai dari 3,5 jutaan,, dengan VGA card sudah 512 Mb 128 bit cukup untuk game sekelas Point Blank, Meja cukup lesahan saya dan sekat cukup dengan tinggi 1 m
Sedangan Proyeksi Business Plannya
Tagihan Kartu  7 x Rp.100.000/Bln
Listrik      Rp.500000/Bln
Total Rp.1.200.000/Bln
Besar pengeluaran ini akan bertambah jika kita mempekerjakan beberapa operator
sedangkan proyeksi keuntungannya :
Komputer Client 7 Buah
harga Jual Rp.4000/Jam
Maka 7 x Rp.4000 = Rp.28.000/Jam kita ambil efisiensi penuh 10 jam perhari meskipun kita buka 24 jam maka = Rp. 28.000 x 10 = Rp.280.000/ hari x 30 hari = Rp.7.400.000/Bln
Angka yang cukup menjadi tantangan,, cukup untuk cicil sepeda,cicil mobil dan cicil rumah,,, hehee…
Note : tulisan diatas harga – harganya hanya asumsi saya,, untuk pastinya bisa di cek di toko komputer.
18 pemikiran pada “Membuat Warnet di Desa

  1. NGGEDABRUS …..NGGEDABRUS ………NGGEDABRUS ……..

    Penghasilan dengan 10 PC + Printer ( satu buah ) Penghasilan

    anda Mencapai Rp 4.500.000,- ( empat juta lima ratus ribu rupiah )

    saya katakan ” SPEKTAKULER BUNG !!! ” apalagi Rp 7.400 000,-/

    Bulan —————” ANDA TERMASUK KATAGORI SUPER HE –

    BAT ” ( ini semua berdasar pengalaman saya mengelola warnet /

    kenyata’an alias realita dan bukan angan2).

    • lah,, ini kan asumsi saya lho bos.. kalo bos bilang tidak logis ya ndak apa2.. wong asumsi saya…kan udah saya tulis tu di tulisannya…#saya juga pernah punya warnet mas…hehe

  2. Mantap mas, tapi klo ada tolong di share langkah-langkah/tutorial pemasangannya.
    skrg say hanya bisa membuat 2 pc dgn 2 modem. padahal say punya 10 pc. bagaimana cara mengkoneksikannya dan membuat bilingnya?

    • alurnya tetap, harus di belikan router untuk modem usb nya, jadi 4 ruter ,4 modem, lalu masing – masing di colokkan ke mikrotik misal RB750, settingan load balancing di mikrotik,lalu output dari mikrotik masuk ke HUB, kalau billing seperti warnet lainnya

  3. mas admin saya tertarik dengan tulisan anda ini. sesuai dengan keadaan di desa tempat saya yg cm ada tower telkomsel doang.kasihan liat anak sekolahan yg kesulitan mencari tugas sekolah lwt internet. dan gk ada warnet sama sekali. mohon info nya kalo misalnya 2 pc aja untuk permulaan apa perlu 2 modem jg + 1 router + 1 microtik…… trus server nya pake laptop gt.
    terus modal yg kita siapin kan brp yaa minimal
    maaf newbie

    • jaringan nya udah 3G/HSDPA ya pak ? kalau iya berarti udah mantap
      anggap PC sudah ada,,berarti yang di butuhkan :
      1. 2 Modem USB
      2. 2 Antena Penguat signal 3G/HSDPA
      3. 2 Router 3G, bisa pake merek TP link
      4. Mikrotik RB750
      5 Hub 5 Port
      itu saja udah cukup pak,, tinggan setting dan konfigurasi…

  4. oh ya mas maaf nih nanya lagi……. router nya memang harus 2 juga yaa…… gk bs kh 2 modem 1 router gt…..

    terus saya ada pernah liat di kantorpos waktu itu. jd mereka pake modem router gt tp ada slot sim card nya. jadi gk pake modem usb lg. cm saya gk tau itu namanya sama merk nya apa yaa…..

    • saya belum dapat referensi yang router GSM ada slot SIM card nya pak,, bisa juga satu router tapi beli RB750UP yang ada slot USb nya,, jadi tinggal beli 1 router GSM aja pak,, tapi modem nya tetap 2

  5. mas saya juga punya kondisi inet yang sama seperti masnya,
    ini lagi bingung setting load balance 2 modem usb gmn caranya mas y ??
    pakenya indo### mas.

    • kalau pakai bolt malah cepet pak,, tapi intinya sama,, koneknya pake modem router,,tapi saya belum tau spek modem bolt,, kalau sudah ada colokan kabel LAN nya malh lebih enak pak,, tinggal hubungkan mikrotik atau hub/switch

  6. mas saya misal saya punya 5 pc… saya harus beli perlengkapan apa lagi untuk buka warnet..
    masalahnya di kampung saya belum ada warnet.. dan tidak ada jaringan telpon rencana saya mau pakai modem. untuk akses jaringan warnet saya…. di t4 saya cuma ada sinyal telkomsel sudah 3G…
    – SETTINGAN arus data per-PC bisa kita setel sendiri ga..? biar pengguna warnet sekedar download file yg kecil2 saja

Tinggalkan Balasan

